DPRD Kota Medan Adakan Halal Bi Halal

Medan | SOL – Hubungan baik itu harus dijalin lebih erat lagi, karena kita semua bersaudara. Mungkin, pada momen pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden kemarin lalu yang sempat terjadi bersinggungan di atara kita disebabkan perbedaan pandangan. Namun, di halal bi halal ini semuanya lebur menjadi satu menghilangkan semua masa lalu.

Demikian pidato tertulis Ketua DPRD Kota Medan Henri Jhon Hutagalung SE SM MH yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Kota Medan Ihwan Ritonga, Senin (24/06/2019) pada acara halal bi halal di Kantor DPRD Kota Medan Jalan Kapten Maulan Lubis Medan.

Dalam amanahnya juga, Henri berharap sebagai anak bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perbedaan yang selama ini (Pemilu Presiden/Wakil Presiden) wajib dilupakan. Apalagi, kita sebagai penerus bangsa untuk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa Indonesia khususnya Kota Medan yang kita cintai menjadi makmur dan sejahtera. “Halal bi halal yang kita lakukan ini tujuannya adalah untuk melupakan perbedaan dan mempererat ukhuwah kita yang selama ini sudah terjalin,” kata Ketua DPRD Kota Medan ini.

Menurutnya, halal bi halal merupakan tradisi yang sudah turun temurun sejak lama. “Nah, tradisi ini memiliki manfaat dan maslahat yang banyak, terutama dalam menjalin silaturahmi di antara sesama. Dari yang jauh menjadi dekat, yang dulu pernah bersinggungan menjadi hilang, sakit hati akan musnah dengan saling mengikhlaskan kesalahan yang sempat timbul,”ungkap orang nomor satu di DPRD Kota Medan tersebut.

Masih katanya, halal bi halal dapat menghilangkan rsa dendam dan penawar hati yang terluka akibat perbedaan yang tak sepaham. “Maka dari itu, sebagai makluk sosial hubungan kita bukan hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melainkan, hubungan kita dengan sesama juga harus dieratkan tanpa memikirkan warna kulit, suku, rasa dan agama,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSI MH dalam pidato tertulisnya dibacakan Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM. Disebutkannya, momen halal bi halal DPRD Kota Medan mengajak kita semua untuk tetap menjaga hubungan dengan manusia (hablum minannas) sambil tetap berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai sang pencipta makluk hidup di dunia ini (hablum minallah) agar kita mendapat kemuliaan dunia dan akhirat.

“Saat ini tanpa kita sadari nilai-nilai silaturrahmi dengan sesama kian renggang akibat pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden karena beda pandangan. Oleh karenanya, halal bi halal inilah semua yang terjadi hilang/musnah dan merajut kembali hubungan yang telah terjalin selama ini,” harap Wakil Wali Kota Medan.

Turut hadir pada acara halal bi halal DPRD Kota Medan antara lain: Seluruh Anggota DPRD Kota Medan, unsur Musfida Kota Medan, OPD, Camat, OKP, Ormas dan tokoh masyarakat. (Kevin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *